Layanan Referensi

Layanan Referensi

Layanan referensi merupakan jasa layanan yang diberikan perpustakaan untuk pemustaka yang membutuhkan bantuan dalam mencari informasi melalui berbagai sumber informasi referens dengan cara menunjukkan, merujuk, menemukan kembali, dan menelusur informasi baik yang berada di perpustakaan maupun di luar perpustakaan.

Koleksi referensi terdiri atas kamus, ensiklopedi, direktori, handbook, indeks, abstrak, bibliografi, biografi, terbitan pemerintah, laporan tahunan, data statistik, dan lainnya.

Jasa layanan referensi terdiri atas :

  • Jasa Bimbingan Pemustaka
  • Jasa Penelusuran Informasi
  • Jasa Informasi Terbaru

 

Jasa Bimbingan Pemustaka

Jasa bimbingan pemustaka merupakan jasa layanan yang disediakan perpustakaan untuk memberikan bimbingan kepada pemustaka berkaitan dengan :

  • Pemanfaatan koleksi referens di perpustakaan seperti kamus, ensiklopedi, panduan, peraturan dan perundangan-undangan, abstrak, indeks, dan lain-lain
  • Teknik temu kembali informasi dengan menggunakan sarana komputer katalog online.

 

Jasa Penelusuran Informasi

Jasa penelusuran informasi merupakan jasa layanan yang disediakan perpustakaan untuk penelusuran informasi berupa buku, majalah/jurnal, e-book, e-jurnal yang ada di dalam atau di luar Perpustakaan STIE Widya Gama Lumajang dengan menggunakan jasa internet. Penelusuran informasi dilakukan dengan hanya memberikan topik, subyek dan kata kunci dari suatu informasi maupun sumber informasi tertentu.

 

Jasa Informasi Terbaru

Jasa informasi terbaru merupakan jasa layanan yang diberikan perpustakaan kepada pemustaka berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru yang dimuat pada jurnal-jurnal ilmu pengetahuan yang telah dimiliki perpustakaan. Jasa ini juga memungkinkan seorang pemustaka memperoleh terbitan daftar isi dari suatu jurnal yang dikehendaki.

 

Prosedur layanan koleksi referensi adalah sebagai berikut :

  1. Pemustaka mencari sendiri koleksi yang dibutuhkan
  2. Pemustaka bisa meminta bantuan/bimbingan/informasi terbaru, apabila tidak bisa menemukan informasi yang dibutuhkan
  3. Pemustaka mendaftar/mencatat di buku/komputer jasa yang dibutuhkan
  4. Petugas membantu menunjukkan/mencarikan informasi yang dibutuhkan

 

Buy now